Metode pengolahan air bersih pdam sebenarnya tidak berbeda jauh dengan pengolahan air secara sederhana. Namun perbedaannya adalah pada kapasitas mesinnya dan juga kualitas peralatan yang digunakan. Peralatan yang digunakan oleh pdam dalam mengolah air bersih jauh lebih canggih dan mampu menyaring banya partikel berbahaya dan dalam kapasitas produksi yang lebih baik. Kapasitas produksi yang tinggi  memastikan bahwa pelayanan yang diberikan kepada pelanggannya akan semakin baik. Air yang di jadikan air sumber biasanya merupakan jenis air tawar yang ditampung dari air hujan maupun air tanah yang ditampung di dalam sebuah wadah yang super besar untuk melayani kebutuhan air dari pelanggan dalam jumlah yang cukup banyak.


Metode penyaringan yang dilakukan oleh pdam sebelumnya didahului dengan pengendapan partikel-partikel besar yang kemungkinan tercampur di dalam air yang dijadikan sumber. Kemudian endapan-endapan tersebut selanjutnya akan dibuang melalui saluran khusus untuk pembuangan kotoran-kotoran yang berukuran besar. Selanjutnya untuk kotoran yang sudah terbuang tersebut, airnya dialirkan ke sebuah bak penampung lain untuk dilakukan proses pencampuran dengan metode rapid mixing. Tujuannya adalah untuk memisahkan koagulan yang berbahaya. Kemudian di mixing dengan lambat. Tujuannya untuk mengendapkan koagulan dari partikel berbahaya. Selanjutnya partikel berbahaya yang sudah berubah menjadi partikel yang lebih besar akan dibuang engan cara disaring dengan menggunakan mesin penyaring.

Mesin pengolahan air bersih yang digunakan memiliki kapasitas dan juga tahapan yang cukup banyak. Tujuannya adalah untuk meminimalisir terjadinya dan meminimalkan kehadiran partikel yang berbahaya di dalam air yang akan dijadikan air konsumsi. Kemudian air yang sudah disaring menggunakan mesin penyaring khusus kemudian dialirkan ke sebuah reservoir raksasa untuk menampung air yang sudah bersih dalam jumlah yang cukup besar untuk selanjutnya dialirkan ke pelanggan yang membutuhkannya. Pada proses ini air dianggap sudah bersih dan siap dijadikan air konsumsi. Namun sebelumnya akan diadakan pengujian terlebih dahulu untuk memastikan bahwa air yang dialirkan ke pelanggan benar-benar layak untuk dikonsumsi dan layak untuk dijadikan sumber air konsumsi.

Post Navigation