Memiliki keluarga yang besar tentu konsekuensinya adalah hunian yang dipakai pun harus mampu menampung semua anggota keluarga beserta segala aktivitasnya, maka rumah minimalis 2 lantai type 60 dapat anda jadikan solusi. Hal tersebut karena rumah type 60 merupakan type rumah yang cukup luas untuk menampung keluarga dengan jumlah anggota sekitar enam orang. Lantai atas atau lantai dua dapat anda jadikan sebagai tempat semua kamar tidur, sedangkan lantai dasar atau lantai satu dapat anda jadikan pusat aktivitas keluarga mulai dari menerima tamu, bercengkrama, menonton tv dan lain sebagainya. Namun dalam membangun rumah type 60 ini tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit, maka timbullah pilihan untuk membangun secara kredit melalui program KPR yang dikeluarkan oleh banyak lembaga keuangan atau membangun sendiri dengan bantuan pekerja bangunan harian maupun borongan.

 

Untuk mengurangi kebingungan anda dalam menentukan cara membangun rumah minimalis 2 lantai anda maka hal-hal terkait cara KPR maupun membangun sendiri di bawah ini perlu anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

1.     Ikut Program KPR

Pilihan untuk menggunakan kredit dalam membangun rumah anda akan sangat tepat jika anda tidak memiliki cukup uang tunai. Karena pihak lembaga keuangan yang membuka program KPR ini akan menanggung biaya pembangunannya terlebih dahulu untuk kemudian anda angsur atau anda cicil setiap bulannya. Besaran bunga dan lamanya waktu anda dalam mengangsur tentu bervariasi, maka pastikan anda telah mempertimbangkan segalanya dengan matang agar angsuran bulanan dan total kreditnya tidak membebani keadaan finansial anda.

2.     Bangun sendiri

Opsi ini lebih tepat bagi anda yang punya uang tunai cukup untuk membangun rumah, karena akan terasa rugi jika anda ikut KPR padahal punya uang tunai sendiri yang cukup. Jumlah total angsuran yang anda bayar setiap bulan hingga lunas jauh lebih tinggi dari pinjaman anda untuk membangun rumah yang dimaksud.

 

Harap pikirkan dan pertimbangkan baik-baik sebelum anda mengambil keputusan untuk menggunakan KPR atau membangun sendiri untuk hunian impian anda itu. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahlinya misalnya konsultan keuangan agar anda bisa memilih dengan lebih rasional.

Post Navigation